Tuesday 19 November 2013

Mengenal Jenis-jenis Komputer

at 9:50:00 pm
Klasifikasi Komputer
Awalnya komputer digolongkan atas dasar besarnya RAM. Komputer yang memiliki memori atau RAM antara 512 KB hingga 1 MB disebut dengan Komputer Mikro, dan yang memiliki RAM lebih dari 1 MB disebut Komputer Mini. Penggolongan ini sekarang tidak berlaku, karena komputer seukuran saku bahkan memiliki kapasitas RAM lebih dari 1 MB (1 MB = 1.024 KB)

Klasifikasi Komputer Berdasarkan ProsesorBerdasarkan prosesornya, komputer digolongkan ke dalam tiga bagian: mainframe, minicomputer dan Personal Computer (PC).
Mainframe merupakan komputer dengan prosesor berkemampuan sangat besar, karena ditujukan untuk banyak pemakai (multiuser), dan setiap pemakai dapat mengoperasikan program yang berbeda pada saat yang sama (multitasking). Komputer mainframe mempunyai CPU, perangkat penyimpanan, dan komunikasi pada satu mesin sendiri, tapi dihubungkan dengan banyak terminal yang hanya terdiri keyboard dan monitor saja. Komputer jenis ini umum digunakan pada organisasi dan perusahaan berskala besar, seperti kantor pusat penerbangan nasional. Sekarang komputer mainframe kalah bersaing dengan komputer PC dengan teknologi internetnya.
Minicomputer sebenarnya adalah bentuk mini komputer mainframe. Jika mainframe dapat memiliki ribuan terminal, komputer mini hanya puluhan atau ratusan terminal saja. Komputer mini ditujukan untuk organisasi dan perusahaan berskala menengah dan kecil. Kini komputer mini jarang dipakai, karena tergeser oleh komputer PC yang dilengkapi teknologi Local Area Networknya (LAN).
Personal Computer (PC) adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu program aplikasi pada suatu saat. Perangkatnya dapat diringkas ke dalam satu mesin saja. Komputer jenis ini paling banyak digunakan. Dengan berbagai perangkat tambahan, komputer PC dapat menandingi komputer mainframe dan minicomputer.

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Bentuk Fisik

  • Jenis Tower (menara), biasanya banyak memiliki ruang di dalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat memasang card atau periferal lain).
  • Jenis Desktop (meja), ukurannya sedikit lebih kecil dari Tower, biasanya diletakkan di atas meja. Komputer jenis ini paling banyak dipakai karena harganya yang murah.
  • Jenis Portable (jinjing), memiliki ukuran lebih kecil dari Desktop. Bagian-bagiannya dirangkai dalam satu kotak, sehingga mudah dibawa kemanapun. Komputer ini ditujukan bagi pemakai sibuk dan pekerja lapangan, seperti insinyur atau peneliti di pedalaman hutan.
  • Jenis Notebook, ukurannya sebesar buku catatan. Notebook mempunyai ukuran setara kertas kuarto, tebalnya sekitar 1 inci dan berat sekitar 4 sampai 6 kg.
  • Jenis Subnotebook, ukurannya sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.
  • Jenis Palmtop, atau komputer genggam, ukurannya sangat kecil. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil. Kelemahannya, layar dan keyboard yang terlalu kecil sedikit menyulitkan pamakai.
Klasifikasi Komputer Berdasarkan Jenis Data yang Diolah
  • Komputer Analog, digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan paralel, dan tidak memerlukan bahasa perantara. Contoh: komputer di rumah sakit yang dipakai untuk mengukur suhu.
  • Komputer Digital, digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf & angka, karakter karakter khusus) dan memerlukan bahasa perantara. Contoh: komputer PC.
  • Komputer Hybrid, kombinasi antara komputer analog dengan digital. Contoh: komputer facsimile.
Perangkat Tambahan (Periferal)
Perangkat tambahan dipasang pada motherboard, terutama bagian yang bertugas menerima tambahan peralatan (expansion slot). Contoh periferal: Ethernet card, yang menguhubungkan suatu PC dengan PC lainnya.

0 comments:

Post a Comment

About

 

Copyright © 2011 Evans GlobaL Computer | Design by Kenga Ads-template